Minggu, 10 April 2016

T06 null - Quiz

Assalamu'alaikum.. 

Jumpa upin ipin kembali berarti saatnya untuk belajar ERP kembali. hehe... karena sejatinya proses belajar tiada pernah berhenti. Saat kita berhenti belajar, saat itulah kita akan mati... begitu kata dosen upin ipin, yaitu Pak Agung Terminanto.

Okay, kita sudah mulai kenal walau belum akrab dengan Odoo. Sekarang kita akan belajar sesuatu yang sederhana, basic, namun menyenangkan. Seperti kata Pak Agung lagi, belajar ERP itu dibuat menjadi senang-senang saja ya :)

Kita akan belajar mengenai Charts of Account dalam Accounting. Pada awal mula instalasi modul Accounting and Finances di Odoo, ada setting berupa template accounting mana yang akan kita gunakan. Nah, Template Accounting ini berbeda-beda di setiap negara.
Awal instalasi modul Accounting dan Finances pada Odoo



Pemilihan Accounting Package yang akan digunakan sebagai template accounting di Odoo

Sebenarnya, betulkah ada perbedaan dalam Charts of Accounts yang terdapat pada template yang digunakan di Amerika dan Charts of Accounts yang terdapat pada template yang digunakan di Eropa? 

Untuk membuktikannya, mari kita bandingkan dua Charts of Accounts yang berasal dari dua database yang berbeda. 

A. Database o8-uperp7-kosong

Database ini dibuat di kelas ERP pada tanggal 9 April 2016 Oleh dosen kita, Pak Agung dengan menggunakan United States Charts of Accounts (selanjutnya kita singkat dengan US-COA).
Kita akan membuat sebuah transaksi sederhana yaitu membuat 1 produk, 1 customer dan 1 supplier kemudian melakukan sebuah transaksi purchasing produk sehingga tercatatlah sebuah transaksi di Charts of Accounts. 
Model dari Charts of Accounts ini lah yang akan kita bandingkan dengan model dari Charts of Accounts di database yang berbeda.

berikut langkah-langkahnya

Dengan merestore database o8-uperp7-kosong, dan menamakannya dengan o8-uperp7-kosong-QUIZ, login sebagai admin.

Login

 Kemudian untuk create products, masuk ke bagian warehouse
Warehouse

kemudian pilih opsi products dan create
Create Products
Masukkan data product lalu save


Untuk Create customers, masuk ke bagian accounting > customers > create
create customers
masukkan data customers, lalu save

Untuk create suppliers, tetap di menu accounting, hanya saja pilih suppliers>create
Create suppliers
 masukkan data supplier, lalu save

Setelah membuat product, customer dan supplier, mulailah kita mensimulasikan
sebuah transaksi purchasing produk.

1.Pilih Purchase > Request for Quotations > Create


2. Masukkan data-data, save, lakukan Print RFQ, dan Confirm Order

3. Sampai terbitlah Purchase Order, kemudian click Receive Invoice

4. Terbitlah Draft Invoice yang kemudian akan divalidate

5. Draft Invoice berubah menjadi Invoice setelah divalidate. Invoice ini kemudian akan dibayar.

6. Setelah mengklik opsi "Pay", akan muncul tampilan pembayaran. Pilih "Bank" sebagai Payment Method, kemudian Register Payment


7. lalu tebitlah Paid Invoice


Sampai di sini, selesailah proses sebuah transaksi pembelian. Untuk melihat bagaimana transaksi ini tercatat di bagian accounting, Masuk ke bagian Accounting, dan pilih Charts of Accounts

Setelahnya, akan muncul opsi untuk memunculkan tahun fiskal, dan pilih 2016, lalu Open Charts
 


Akan Muncul Chart of Accounts Sebagai Berikut :

Chart of Accounts ini akan kita bandingkan dengan Chart of Account yang berasal dari database berbeda.

B. Database BZI

Database ini berasal dari kuliah ERP pada semester atau tahun sebelumnya dan untuk menggunakannya kita hanya tinggal melakukan proses restore database saja. Database ini menggunakan template Charts of Accounts yang berbeda, yaitu berasal dari Eropa.Dalam database ini, sudah tersimpan berbagai transaksi keuangan yang dilakukan PT BZI sehingga untuk dapat memunculkannya, kita tidak perlu mensimulasikan sebuah transaksi lagi, melainkan hanya tinggal memanggil data saja. 

Caranya sama, yaitu masuk sebagai Accounting PT BZI dengan login "accounting" dan password "acc". Lalu akses Chart of Accounts. Pilih fiscal year 2015 untuk memunculkan transaksi


Lalu muncullah COA 



Membandingkan 2 COA yang berasal dari database berbeda

US COA

Europe COA
 
Terlihat bahwa format accounting dari kedua COA tersebut berbeda. Di mana pada US COA, Asset dicatat di bagian atas, disusul oleh pencatatan Liabity dan Equity, Income, Expense, dan lainnya. Sedangkan untuk Europe COA hanya mencatat informasi Balance Sheet, dan Profit and Loss.

Demikianlah pelajaran yang dapat upin ipin sampaikan pada kesempatan kali ini. Harapannya semoga bermanfaat bagi kawan semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar